2/07/2015

Brand Building ?? Opo iku ?




Seperti yang sudah pernah saya janjikan dulu bahwa saya akan menulis salh satu materi penyuluhan tentang Brand Building.  Brand terdiri dari nama, simbol, istilah, kita desain atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi barang dan jasa dari perusahaan Kita dan membedakan Kita dari yang lain. Branding adalah suara visual dan merupakan nyawa dari perusahaan Kita.

Brand kita harus konsisten dalam segala bentuk media yang kita gunakan suapaya kita memiliki brand yang solid dan dikenal. Setiap representasi visual maupun verbal dari brand perusahaan Kita bagaimanapun caranya harus dapat menjadi penggambarkan  kepada perusahaan Kita.

Sebagai contoh, kita melihat sebuah iklan dengan sedemikian rupa sehingga Kita dapat mengatakan itu sebuah iklan dari perusahaan tertentu bahkan sebelum Kita melihat logo perushaanya. Pemilihan musik, gaya pengambilan gambar, irama editing. Dan hal lainnya yang membuat orang yang melihatnya merasakan perusahaan kita bahkan sebelum branda tahu itu bahwa itu iklan perusahaan kita.
Brand lebih dari sekedar merk dagang atau logo. Branding merupakan pesan yang secara terus-menerus di suarakan, segala image atau perasaan yang berasal dari perusahaan Kita.
Untuk membangun brand, Kita harus menentukan apa yang ingin coba Kita sampaikan dan kepada siapa itu ditujukan, hal ini kembali lagi kepada segmenting, targeting dan positioning. Mungkin seperti gaya hidup, emosi atau status sosial.

Tujuan dari brand building adalah untuk membedakan dan untuk menciptakan brand yang unik.

0 comments:

Post a Comment