11/14/2014

Kerusakan lingkungan ancam bumi kita


Kerusakan lingkungan Lingkungan merupakan hal yang ramai di bicarakan saat ini. Lingkungan hidup memiliki arti penting bagi kehidupan, yakni sebagai wahana bagi keberlanjutan kehidupan. Lingkungan hidup merupakan tempat berinteraksinya makhluk hidup yang membentuk suatu sistem jaringan kehidupan. Di dalamnya terdapat berbagai siklus yang menunjang kehidupan, seperti siklus energi, siklus air, dan siklus udara. Dalam sebuah piramida makanan, tumbuhan berperan sebagai produsen dan berada pada tingkat yang paling rendah.

Saat ini Lingkungan Kita sedang berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Semua manusia menghalalkan berbagai macam cara untuk mengeksploitasi Alam. Manusia tidak perduli lagi terhadap kelangsungan bumi bagi kehidupan anak cucu mereka di masa depan.

2  Kerusakan Alam Yang Umum di lakukan Manusia




- illegal Loging


Illegal logging atau pembalakan liar atau penebangan liar adalah kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang tidak sah.

Akibat
Praktek illegal logging sudah barang tentu memiliki ekses negatif yang sangat besar. Secara kasat mata ekses negatifi llegal logging dapat diketahui dari rusaknya ekosistem hutan. Rusaknya ekosistem hutan ini berdampak pada menurunnya atau bahkan hilangnya fungsi hutan sebagai penyimpan air, pengendali air yang dapat mencegah banjir juga tanah longsor. Sehingga rentan terhadap bencana kekeringan, banjir maupun tanah longsor. Di samping itu, illegal logging juga menghilangkan keanekaragaman hayati, berkurangnya kualitas dan kuantitas ekosistem danbiodiversity, dan bahkan illegal logging dapat berperan dalam kepunahan satwa alam hutan Indonesia.
Dari sisi ekonomis, illegal logging telah menyebabkan hilangnya devisa negara. Menurut Walhi, hasil illegal logging di Indonesia pertahunnya mencapai 67 juta meter kubik dengan nilai kerugian sebesar Rp 4 triliun bagi negara. Di samping itu, data Kementerian Kehutanan menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 1998 hingga 2004, kerugian Indonesia akibat illegal logging mencapai 180 triliun.

 Penanggulangan

Tebang Pilih Tanam merupakan solusi yang masih realistis di terapkan di banyak wilayah di Indonesia. Tujuan TPTI adalah meningkatkan produktivitas hutan alam tegakan tidak seumur melalui tebang pilih dan pembinaan tegakan tinggal dalam rangka memperoleh panenan yang lestari. Kordinasi dan sosialisasi aka membangun sebuah sistem yang mendukung TPTI.





- Masalah Sampah

Sampah meruapakn masalah yang kronis di negeri kita ini. berbagai macam upaya menyadarkan masyarakat telah gencar dilakukan namun masih saja tidak bisa mengubah kebiasaan membuah sampah di sembarang tempat. Seperti yang kita ketahui, pembuangan sampah yang tidak di urus dengan baik akan mengakibatkan masalah besar.

Akibat

penumpukan sampah atau membuangnya ke kawasan terbuka akan mengakibatkan pencemaran tanah yang juga akan berdampak ke saluran air tanah. Dan juga pembakaran sampah akan menimbulkan pencemaran udara, pembuangan sampah ke sungai akan mengakibatkan pencemaran sungai dan bisa mengakibatkan banjir.

Penanggulangan

Penanggulangan yang dirasa akan efektif adalah dengan mendirikan Bank sampah. Solusi ini berdasarkan sifat dasar sumber daya manusia yang berorientasi pada uang. Bank sampah akan menarik minat masyarakat untuk menukarkan sampah mereka dengan barang yang layak pakai, produk-produk bank sampah dan Uang tabungan.


0 comments:

Post a Comment