12/12/2014

Pemerintah canangkan program sekolah online


Meskipun ada banyak isu terkait mata pelajaran TIK di Indonesia belakangan ini, ada juga beberapa kabar baik tentang pemerintah Indonesia yang merangkul teknologi ke dalam sistem pendidikan di tanah air. Mulai tahun ajaran depan yakni pada bulan Juli, lima sekolah menengah negeri di Indonesia akan menerapkan program pembelajaran online penuh.

sekolah online


Tujuan dari program baru tersebut yakni untuk mengurangi jumlah remaja putus sekolah di sekolah menengah atas di Indonesia. Setiap tahun lebih dari lima juta lulusan sekolah menengah pertama tidak melanjutkan pendidikan mereka. Program baru ini ingin membantu siswa untuk bisa mendapatkan gelar SMA tanpa harus menginjakkan kaki di sekolah.

Beberapa sekolah di Indonesia menghadapi kesulitan untuk menarik siswa melanjutkan pendidikan mereka, karena berbagai masalah seperti keuangan, jarak yang jauh antara sekolah dan rumah, atau karena kurangnya dukungan orangtua. Pemerintah akan menawarkan sejumlah insentif kepada siswa yang berpartisipasi dalam program baru ini, seperti beasiswa, uang saku, tablet, dan laptop. Pemerintah juga akan memberikan uang operasional ke sekolah-sekolah yang berpartisipasi di program ini.

Lima sekolah negeri yang akan menerapkan program baru ini adalah SMA Negeri 12 Merangin (Jambi), SMA Negeri 2 Padalarang (Bandung), SMA Negeri 1 Kepanjen (Malang), SMA Negeri 1 Gambut (Banjar), and SMA Negeri 1 Narmada (Nusa Tenggara Barat).

Sekolah mempunyai tanggungjawab untuk memastikan para siswa benar-benar menghabiskan waktu untuk belajar di sistem baru ini. Kepala sekolah mengatakan bahwa sekolah akan merekam dan memantau semua kegiatan belajar online. Siswa yang malas akan dikeluarkan dari program dan diganti dengan orang lain.
Program pembelajaran online di Indonesia sebagian besar dijalankan oleh perguruan tinggi. Program seperti ini sudah dilakukan oleh Universitas Terbuka dan Universitas Bina Nusantara. Ada juga startup di Indonesia yang menyediakan platform pembelajaran online, seperti HarukaEdu, Zenius, dan Sibejoo.

0 comments:

Post a Comment